Senin, 26 Desember 2016

Railfans yang Safety dan Beretika

     Railfans, suatu komunitas atau panggilan yang mencakup seseorang atau kelompok yang memiliki hobi "hunting" dan menyukai kereta api. Dan, setidaknya sudah "hunting" seminimalnya 1 kali. Namun, jika hunting yang dilakukan berbahaya dan mengganggu kenyamanan orang lain, maka alangkah baiknya jangan hunting. Pada dasarnya, boleh saja, tetapi di tempat-tempat tertentu pastinya ada aturan masing-masing, seperti di stasiun kereta api yang tidak diperbolehkan memotret ataupun merekam.
    
     Seperti topik diatas, saya akan memberi tahu cara hunting yang bisa dibilang cukup safety dan beretika. Berikut contohnya.
  • Tidak berada tepat diatas salah satu jalur kereta api ganda, karena jika dari arah hulu terdapat kereta api dan kamu berada di jalur hilir, kemungkinan besar akan ada kereta yang melintas di jalur hilir. Jika kamu berusaha menghindar diantara jalur, maka kamu akan terhimpit kedua kereta api tersebut. Tentu, hal itu berbahaya.
  • Berdiri dibelakang batas tiang LAA. Bagi yang berada di DAOP 1, pasti ada tiang LAA yang terpasang di pinggir jalur kereta api. Tiang LAA bisa juga menjadi batas terdekat saat hunting.
  • Jika kereta api melintas, disarankan tidak memberi salam kepada masinis ataupun asisten masinis, karena dapat mengganggu konsentrasi mereka. Tetapi, jika mereka yang memberi salam terlebih dahulu, silahkan balas :3 .
  • Stop, Look, Listen. Peraturan yang wajib semua orang tahu jika ingin mendekati atau menyebrang rel kereta api. Stop (berhenti), berhenti dibatas aman, Look (lihat), tengok kanan dan kiri, Listen (dengarkan), dengarkan jika ada suara kereta api yang datang.
  • Jangan meletakkan batu diatas rel kereta api ataupun melemparnya saat kereta api melintas. Bukan hanya dapat menyebabkan korban dan kecelakaan, tetapi juga terkena UU Perkeretaapian yang dapat berujung dengan sanksi dipenjara atau/serta denda yang tidak sedikit.
  • Jangan coba-coba menyebrang rel kereta api jika kereta api sudah dekat atau terdengan semboyan 35 / 8K. Ada kata-kata. "Kalau telolet dekat maka senang, jika S35 sudah dekat maka siap bertemu alam kubur"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar