Selasa, 27 Desember 2016

Memposting? Jangan lupakan hal ini...

     Mungkin kalian sudah tau apa itu Posting? Ya kan? Sebenarnya simple, tidak perlu kemana-mana tentang hal postingan, tapi ada kalanya kalian harus mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan Posting.
     Pernah melihat kalimat "Copyright"? Yup, itu salah satu cara agar menandai sesuatu yang kita miliki saat kita posting. Copyright bisa juga berupa kalimat yang terdapat di suatu foto ataupun video yang disebut Watermark. Hal itu digunakan agar menghindari pembajakan.
     Awas...Jika kalian mengambil hak atau kepemilikan orang lain tanpa izin atau 'atas-nama' yang memiliki, kalian bisa terjerat Undang Undang ITE, dan tentu akan terkena sanksi hukuman berupa kurungan penjara atau/serta denda material yang tidak sedikit.

Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, yaitu:
  • Siapa yang memiliki konten tersebut, harus kalian cantumkan pemiliknya dan terlebih dahulu meminta izin darinya. Jika tidak memungkinkan, setidaknya cantumkan nama pemiliknya atau link dari pemiliknya.
  • Dimana kamu mengambilnya, harus kalian cantumkan link dimana kamu mengambil konten tersebut. Contoh, jika kamu mengambil salah satu konten dari blog saya, kalian harus cantumkan nama saya ataupun link dimana kalian mengambilnya dari konten blog saya.
  • Apakah dikonten tersebut sudah tercantum Watermark/Copyright? Jika ya, maka kemungkinan konten tersebut boleh dibagikan, tetapi tetap harus mencantumkan dimana atau siapa konten yang kamu ambil tersebut.

Mungkin hanya 3 yang bisa saya berikan apa saja hal yang perlu kalian perhatikan saat memposting. Ya, kalian pasti juga lihat salah satu dari postingan saya yang merupakan milik orang lain/website, tetapi PASTINYA saya sudah mencantumkan siapa atau dimana saya mengambil konten tersebut. Jikapun saya tidak tau link dari yang memilikinya, setidaknya saya sudah mencantumkan nama pemiliknya tanpa link.

Keep Browsing and Safe while you Browse ya guys! :3

                                                                            Have fun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar